oleh

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa dan BPD, 117 Desa se-Koltim Ikuti Bimtek di Bandung

BANDUNG – Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur Desa dan BPD, 117 desa se-Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) disalah satu hotel di Bandung, selama 3 hari terhitung mulai tanggal 26 hingga 28 Juli 2018.

Kegiatan Bimtek itu, di hadiri langsung oleh Bupati Koltim Tony Herbiansyah. Dalam Sambutanya, Tony mengatakan kegiatan Bimtek tersebut sangat penting untuk dilakukan, sehingga wawasan para Kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat bertambah dan mampu menyerap ilmu yang diberikan pemateri di tempat itu.

“Kegiatan Bimtek ini sangat penting. Olehnya itu para Kades dan BPD harus bersungguh-sungguh mengikutinya. Agar nantinya setelah mendapatkan ilmunya mampu diaplikasikan setelah pulang di desanya masing-masing,” ucapnya Kamis (26/7/2018).

Tujuan utama Bimtek kata Tony, banyak desa dan BPD yang tidak sejalan, masih ada desa dan BPD tidak satu misi, sehingga melalui Bimtek desa dan BPD bisa seiring sejalan termaksud pada pengelolaan keuangan.

“Melalui ini Kades lebih memahami tupoksi dan peranan desa dan BPD dan juga bisa melakukan studi lapang untuk membandingkan desa di Kota bandung, contohnya Desa Cibodas,” ucapnya.

Tony mengaharapkan agar seluruh peserta dapat menggali ilmu sebanyak banyaknya untuk diterapkan di wilayah Koltim, sehingga desa desa di Koltim menjadi percontohan dari desa lainnya di Sultra.

“Ya, setelah mendapat ilmu dari narasumber berharap ada berapa persen yg bisa di terapkan di daerahnya. Sebab kalau tata kelola pemerintahan tidak baik maka otomatis menjadi indikator penilaian siapa pengelolanya dan dipertanyakan kualitas aparatur desanya,” tutup Tony.


Reporter : Jaspin
Editor : Hendriansyah

Terkini