oleh

Sekretaris KPUD Koltim Berganti, Ini Pejabat Barunya

KENDARI – Sekertaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) kini berganti. Proses pelantikan pun dilangsungkan di Aula KPUD Provinsi Sultra, pada Kamis 23 November. Adapun Sekertaris KPUD Koltim definitif yang dilantik yakni Endang Sumpena, mengantikan Hj Rosita selaku mantan Plt Sekretaris KPUD Koltim.

Selain itu, juga dilaksanakan pelantikan terhadap dua orang Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Teknis Pemilu dan Hubungan Partispasi Masyarakat (HUPMAS) Kabupaten Kolaka dan Buton Tengah (Buteng). Masing-masing adalah Andre Fajar Halib asal Kolaka, dan Sahrun (Buteng).

Sekretaris KPUD Provinsi Sultra, Syafruddin, dalam sambutanya mengatakan, dalam pegangkatan khusus untuk eselon III dan IV di lingkup Sekretariat KPUD Kabupaten dan Kota hingga Provinsi untuk Tahun 2018 mendatang telah menggunakan metode baru, yakni dengan sistem Assessment atau yang dikenal dengan kata ‘Lelang’.

“Jadi bersyukurlah untuk posisi Sekertaris KPUD dan para Kasubbag di sekretariat karena tidak melalui sistem lelang lagi, sebab kalau sudah melalui sistem lelang kemungkinan kalian tidak dilantik hari ini. Karena hampir 70 persen Sekretaris KPUD dari 17 Kabupaten dan Kota di Sultra itu masih saya yang melantik dan mengganti karena mutasi dan ditarik oleh Pemda karena kemungkinan mengisi Daerah Otonomi Baru (DOB),” kata Syafruddin usai melantik, Kamis (23/11).

Tampak Sekertaris KPUD Koltim Endang Sumpena Mendandatangani Fakta Integritas Dihadapan Sekertaris KPUD Provinsi Sultra. (Foto: Jusran)

Untuk itu kata Syafruddin menjelaskan, jabatan adalah amanah dan memiliki konsekuensi. Hanya level-lah yang memberbedakan antara Ketua dan Sekretaris. Sebab tanggung jawab, lanjutnya, terkadang dapat dihianati, dan tidak dilaksanakan sepenuhnya bahkan tidak menjalankan tugas tersebut.

“Saya ingatkan, sehingga ini akan menjadi pelajaran untuk kami khususnya di dalam perjakat untuk mengevaluasi hal ini karena sering terjadi setelah dilantik dan selesai Pilkada banyak yang minta pindah atau berulah tidak sesuai tupoksinya,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada yang baru dilantik untuk segera melakukan konsolidasi karena dalam menghadapi tahapan Pemilu memang perlu belajar dan bekerja.

Penyerahan Surat Keputusan oleh Ketua KPUD Koltim Darwis, Kepada Sekertaris KPUD Koltim, Endang Sumpena. (Foto: Jaspin)

“Saya berharap kepada ke tiga orang yang hari ini saya lantik agar menjalankan tugas dan amanah yang sudah diemban masing-masing terhitung mulai hari ini sudah mampu bekerja dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris KPUD Definitif, Endang Sumpena mengatakan, dirinya siap melaksanakan serta menjunjung tinggi apa yang telah diamanatkan akan sumpah dan janji dalam fakta integiritas sesuai Perundang-Undangan yang berlaku.

“Saya secara pribadi dan lembaga akan senantiasa menjunjung tinggi dan melaksanakan apa yang telah diamanatkan kepada saya sesuai Peraturan Perundang-Undangan dan sesegera mungkin saya akan melakukan konsolidasi kepada Komisioner dan Staf KPUD Koltim untuk segera beradaptasi sebagai Mitra kerja,” kata Endang yang merupakan alumni Magister Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Reporter: Jaspin/Jusran
Editor: Kardin

Terkini