Ribuan Warga Koltim Antusias Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ ke VI

Reporter: Muhammad Al Priyasin
Editor: Kardin

KOLTIM- Pawai Ta’aruf mengawali pelaksanaan Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) diikuti oleh tidak kurang dari 5 ribuan peserta.

Menurut Kepala Bagian Kesra Pemkab Kolaka Timur, Ayi Wahyudin, pelaksanaan MTQ tersebut mengambil tema mengejawantahkan nilai-nilai Al-Quran.

Antusiasme masyarakat dari 12 Kecamatan se-Koltim turut menyemarakan pembukaan MTQ tingkat kabupaten itu terlihat dengan ramainya peserta pawai dan sambutan hangat masyarakat Tirawuta sebagai tuan rumah.

Selain pelajar dan mahasiswa, pawai itu juga diikuti oleh para perangkat desa, PKK, Majelis Taklim, PGRI dan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Padahal panitia sudah membatasi 300 peserta, namun kenyataannya hampir seluruh kecamatan mengirimkan lebih dari 500 orang yang mengikuti pawai ini,” ujar Ayi, Senin 10 Februari 2020.

Selain menampilkan tarian, tiap kecamatan juga menampilkan budaya daerah masing-masing.

Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah didampingi Ketua TP-PKK, Surya Hutapea, juga Sekda, Eko Santoso Budiarto dan seluruh Forkopimda serta kepala OPD nampak bersemangat di panggung kehormatan menyaksikan pertunjukan yang ditampilkan para kafilah dari setiap kecamatan. Hal itu terlihat dari antusiasme dari awal hingga berahkirnya pawai.

Fortune

“Harapan saya bagaimana MTQ ini bukan saja kita meraih juara tetapi kita ajak silaturahmi, jadi di Kolaka Timur ini sebagaimana 90 persen warganya muslim untuk menunjukan eksistensinya dan memberikan contoh kepada masyarajat luas,” ujar Bupati Koltim, Tony Herbiansyah.

Diawali kafilah kecamatan Mowewe yang membawa lebih dari 100 peserta, pawai ini ditutup oleh kecamatan Uluiwoi yang diikuti oleh 150 peserta.

Untuk diketahui, MTQ akan digelar mulai tanggal 10-15 Februari 2020 yang pembukaannya akan digelar pukul 19.00 Wita malam ini oleh Bupati.

Menurut Ayi, MTQ merupakan agenda besar yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Kolaka Timur.

“Salah satu hikmah yang dapat kita maknai dalam setiap penyelenggaraan MTQ adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran sesuai dengan kaidahnya,” Kata Ayi.

Sementara itu, warga Kecamatan Tirawuta Ishawati (49), mengaku bangga bahwa wilayahnya jadi tuan rumah MTQ.

Ishawati berharap agar masyarakat yang datang ke daerahnya merasa puas atas sambutan yang diberikan oleh warga Kecamatan Tirawuta.

“Semoga pelaksanaan ini sukses dan Kecamatan Tirawuta mendapatkan juara,” harapnya. (b)

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI