oleh

Pemkab Koltim Luncurkan Aplikasi Non Tunai, Tony: Tidak Ada Lagi Gerakan Tambahan Para Kadis

TIRAWUTA – Pemerintah Kabuapaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini bakal meluncurkan aplikasi non tunai. Hal itu terbukti saat kegiatan soialisasi aplikasi non tunai di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Koltim, Rabu (22/11).

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, mengatakan, dengan hadirnya aplikasi non tunai yang berbasis online ini maka telah dipastikan tidak akan lagi ada gerakan tambahan para Kepala Dinas (Kadis). Sebab kata dia hal-hal buruk yang sering terjadi kemungkinan tidak akan terjadi lagi.

“Dengan hadirnya aplikasi ini, mudah-mudahan dapat mengurangi hal buruk yang sering terjadi. Karena saat ini korupsi bukan saja uang Rp 500 juta atau 1 Milyar. Tapi yang namanya korupsi Rp 5 juta pun sudah bisa jadi kasus,” kata Tony saat menghadiri sosialisasi aplikasi non tunai Satuan Kerja (Satker) online dan implementasi aplikasi Khas Daerah (Kasda) online yang bekerjasama dengan Bank Sultra.

Olehnya itu, lanjut Tony, dengan adanya aplikasi non tunai ini akan sangat membantu dalam melakukan pengawasan. Apalagi saat ini pengawasannya semakin ketat. Sehingga kedepannya didalam melakukan pencairan tidak harus lagi menunggu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari Jakarta, karena sudah ada aplikasinya.

“Aplikasi tersebut bersifat sebagai pengawasan, dengan tujuan akan memperkecil permasalahan khususnya di bidang keuangan. Sehingga kedepan tidak ada lagi pencairan harus menunggu kepala BKD dari Jakarta dan berbagai macam alasan. Tapi dengan aplikasi ini, sudah terinci semua sisa mana yang disetujui dan yang tidak disetujui,” jelasnya.

Tony juga mengungkapkan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dana rutin langsung diambil semua oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD). Namun sekarang tambahnya, tidak ada lagi pemotongan gaji pegawai honor atau insentif lainnya.

“Semua sudah diawasi lewat aplikasi ini, jadi tidak ada lagi gerakan-gerakan tambahan para Kadis,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Bank Sultra, Hayati Hasan, yang ditemui sejumlah awak media mengatakan terimplementasinya aplikasi Kasda online ini dapat memudahkan proses pelayanan kepada masyarakat serta dapat mendukung proses percepatan pembangunan di Kolaka Timur.

“Aplikasi tersebut sangat baik, dan sangat membantu pemerintah dalam mengawasi pengeluaran transaksi keuangan secara online,” singkatnya.

Reporter: Jaspin
Editor: Jubirman

Terkini