oleh

Bangun Komitmen Melalui Program Tribina Untuk Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Koltim

-FEATURED, KOLAKA TIMUR-111 dibaca

TIRAWUTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan pelatihan keluarga berencana keluarga Tribina (BKB, BKR, BKL) bagi kader, Rabu (13/12) di Aula Kantor Kecamatan Tirawuta.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, yang diwakili Asisten II, Zainuddin Boni dalam sambutannya mengatakan, Tribina merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang, baik secara fisik, motorik, kecerdasan emosional, dan sosial ekonomi dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja.

Suasana pembukaan kegiatan pelatihan kader tribina tingkat Kabupaten Kolaka Timur di aula Kantor Kecamatan Tirawuta. (Foto: Jaspin)

“Tribina juga berguna meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa usia lanjut yang produktif, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat,” ungkap Zainuddin.

Lanjut Zainuddin, dalam memahami program Tribina dan untuk meningkatkan ketahanan keluarga, sebagai orang tua harus memahami dan menerapkan 8 fungsi dalam kehidupan sehari-hari yakni, fungsi agama sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi, serta fungsi lingkungan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari semua usia.

Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Kader Tribina, Hj Sarmiatih. (Foto: Jaspin)

“Pembinaan keluarga mulai dari anak-anak, remaja, dan lansia sehingga dapat berperan dalam kehidupan keluarga. Semoga kegiatan ini dapat menyukseskan program keluarga berencana,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Hj Sarmiatih juga menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan terhadap kader Tribina yakni untuk memantapkan pemahaman, pengetahuan dan wawaasan serta meningkatkan kompetensi tenaga kader dalam pelaksanaan pembinaan ketahanan kesejahteraan keluarga.

“Kami berupaya untuk memberikan pemahaman kepada para kader Tribina di dalam melaksanakan pembinaan, khususnya untuk ketahanan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Koltim ini,” jelas Sarmiatih.

Reporter: Jaspin
Editor: Jubirman

Terkini